Ayam Panggang || Resep

September 19, 2018

Sebelum ke Jakarta, aku sempat membuat list makanan-makanan apa aja yang ada di Jogja yang harus aku makan selama seminggu sebelum aku pindah ke Jakarta. Walaupun list udah dibuat, tapi ujung-ujungnya nggak satu pun berhasil kemakan, karena seminggu terakhir sebelum aku pindah itu udah hectic banget ngurusin banyak hal. Mulai dari urusan nikahan, packing barang-barang, stress, aku sempet sakit juga, dan banyak lainnya. 

Salah satu makanan yang ada di list itu adalah Ayam Bakar Genther alias Ayam Bakar Pak Yanto yang ada di belakang SMP 5. Ayam bakarnya tuh manis gurih, terus ada kremes di atasnya. Selain itu, yang bikin ayam bakar itu special lagi adalah sambel dan bumbunya. Sambelnya sih ada 2, kalo ga salah inget sambel terasi sama sambel bawang gitu, trs kayak ada bumbu siramnya yang gatau terbuat dari apa tapi enak...

Berhubung BM-ku belom kesampaian karena aku udah keburu pindah ke Jakarta, akhirnya aku isenglah mencoba membuat sendiri ayam bakar Genther ini. Hahahaha! Rasanya emg nggak 100% kayak genther, tapi bukan berarti ga kalah enak ya! emang agak beda karena aku juga gatau si genther pake bumbu apa dan teknik masaknya gimana. Tapi yang aku bikin ini bisa banget lah buat obat kangen genther. Buktinya aku sampe nambah 2kali waktu makan ini HAHAHAHA.

_________________________________________________________________

AYAM PANGGANG (Genther Copycat)



Bahan:
500 gr ayam
2cm lengkuas (geprek)
2 lembar daun salam
Santan Instan 65ml
Gula merah / gula jawa
Minyak
700ml air

Bumbu Halus:
2 siung bawang putih
3 siung bawang merah
1/2 sdt ketumbar
1 butir kemiri
1/2 sdt garam

Cara memasak:
1. Tumis bumbu halus, lengkuas & daun salam di panci dengan sedikit minyak hingga harum.
2. Campurkan air dengan santan instan, tuangkan ke tumisan bumbu, kemudian masukkan ayam ayam.
3. Masak hingga air mendidih dan menyurut sedikit, masukkan gula merah sesuai selera (saya pakai 1 gula jawa yang bulat). Aduk hingga gula merah meleleh. Tambahkan air jika dirasa kurang.
4. Tutup panci, masak sampai air hampir habis (jangan sampai habis, sisakan sedikit untuk bumbu oles).
5. Panggang ayam di teflon dengan api sedang, oleskan sisa air rebusan ke ayam sambil dibolak-balik. Panggang sampai kematangan yang disuka. Sajikan bersama sambal terasi.


Selamat menikmati!

You Might Also Like

0 comments

Subscribe