Ayam Goreng Cabe Ijo Terasi || Resep

September 19, 2018

Aku suka banget sama sambel ijo. Sambel yang wajib banget diambil kalo lagi makan nasi padang. Cita rasanya yang nggak sepedas cabe merah, bikin rasa cabe ijo khas banget di lidah. Sambel ijo dan nasi anget. Beeehhh nggak berhenti makan deh, bye timbangan.

Siang ini aku coba bikin ayam goreng cabe ijo yang agak beda dari biasanya. Biasanya aku kalo bikin sambel ijo sering masih ada rasa langu-langu khas cabe mentah gitu. Sebel banget, soalnya sambelnya udah enak, tapi kadang jadi ngerasa kurang mateng. Jadi hari ini niatnya mau eksperimen supaya rasanya bisa lebih cocok sama aku, dan ternyata........ sukses banget!

________________________________________________________

AYAM GORENG CABE IJO TERASI


Bahan:
400 gr ayam (saya pakai paha atas yang dipotong-potong)
200 gr cabe ijo keriting (boleh lebih)
5 siung bawang merah
Daun jeruk
Terasi (sebesar kuku jempol)
1 sdt garam (untuk merendam ayam)
1/4 dst garam (untuk bumbu cabe ijo)
Minyak

Cara memasakt:
1. Cuci ayam, rendam dengan air garam selama 5 menit. Goreng hingga bagian luarnya kering dan kecoklatan, sisihkan.
2. Di panci, rebus cabe ijo dan bawang merah selama 2 menit (Step ini sangat penting untuk menghilangkan rasa mentah cabe). Tiriskan, lalu uleg kasar bersama terasi.
3. Menggunakan sedikit minyak bekas gorengan ayam, tumis sambal yang sudah di uleg. Tambahkan daun jeruk & garam. Tumis hingga cabe layu.
4. Matikan api, masukkan ayam goreng & aduk hingga bumbu cabai merata. Sajikan.


Selamat menikmati!

You Might Also Like

3 comments

  1. boleh dipraktikan nih, kadang pantangan makan di ayam geprek bukan karena pedasnya. tapi rasa sengar/langu khas dari cabai yg langsung di geprek begitu saja. gambarnya bikin ngilerrrr btw wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget chiim! km harus coba direbus dulu sebelum digeprek.. lumayan membantu buat ngilangin langunya! semoga bergunaa

      Delete
  2. Yummy! Belom jadi nyobain menu ini sis!

    ReplyDelete

Subscribe