My First Baking Class - Basic White Bread

August 19, 2018


Hari ini menyenangkan sekali! Semua gara-gara Diah tiba nge-chat beberapa hari yang lalu tanya hari minggu mau masak apa (karena akhir-akhir ini emang lagi sering masak sendiri), aku ajak lah dia buat makan di rumah. Sekalian juga aku ajak beberapa teman yang lain. Tapi menjelang hari yang dijanjikan, sayang sekali yang bisa cuma Diah dan Cemiw. Akhirnya kita memutuskan untuk membuat baking class dadakan saja. 

Awalnya bingung mau membuat roti apa, tapi akhirnya aku memutuskan untuk membuat roti tawar. Menurutku roti tawar itu salah satu roti yang paling basic. Cocok banget buat belajar bikin roti lainnya, karena adonan roti tawar itu bisa dimodifikasi jadi banyak macam roti lainnya. Mereka akhirnya setuju untuk membuat roti tawar. Itu pun bahannya belum ada, jadi akhirnya kita pergi ke toko bahan roti dulu hahaha. 






Buat aku yang emang udah sering bikin roti -- terutama roti tawar, rasanya lucu ngelihat mereka yang baru pertama kali bikin. Seperti terlempar ke momen pertama aku bikin roti dulu. Kesannya ribet, cukup kewalahan, dan ngerasa adonannya ga bisa campur. Tapi yang keren dari mereka berdua ini, adonan pertama mereka udah jauh lebih bagus dibanding adonan roti yang pertama kali kubuat. Suatu saat mereka pasti bisa bikin roti yang lebih oke dari yang kubuat sekarang.




Aku cuma kasih tau step-stepnya aja ke mereka dan mereka bener-bener ngelakuin semuanya sendiri. Mulai dari timbang-timbang bahan, campur adonan, mengulen (ini aku kasih sedikit contoh, tapi mereka udah natural banget jadi langsung bisa.), proofing, menggulung, sampai baking. Proses menguleni adonan biasanya adalah yang paling susah, tapi mereka berhasil bikin adonan yang kalis dan halus, walaupun pegel juga pastinya ya. Abis ini pada daftar jadi tukang pijet profesional kayaknya. Hahahaha. So proud of my students!









They obviously did a great job! rotinya ngembang dan rasanya.... jelas lebih enak (jauh!) dari roti yang banyak dijual di Indoma**t dan Alf*mart. Senang banget ya ternyata bisa berbagi ilmu apalagi secara langsung gitu. Apalagi kalo lihat wajah mereka yang terkagum-kagum sendiri sama skill yang -ternyata- mereka punya. Priceless banget deh rasa senengnya :') Semoga nggak selesai di roti tawar  aja ya, semoga abis ini aku lihat mereka bikin berbagai macam roti lain. Can't wait!


So proud of these two! Hope to have more baking class and see more pure happiness in the future!


- XOXO, AT -

You Might Also Like

0 comments

Subscribe