Miso Milk Ramen Recipe

August 20, 2018

(Please do scroll down for the recipe in English)


Beberapa hari yang lalu aku sempat membuat ramen noodle. Bukan yang instant, tapi beneran bikin sendiri dari tepung. Berhubung masih ada beberapa gulung mie yang belum dibuat, akhirnya aku memutuskan untuk membuat ramen hari ini dari bahan-bahan yang ada di rumah. Berhubung di rumah lagi banyak susu, aku jadi penasaran gimana rasanya kalau ramen dikasih kuah susu -- karena aku tau indomie kuah susu itu enak!



Setelah eksperimen coba-coba resep, ternyata hasilnya enak! Jadi aku memutuskan untuk share disini. Tapi tetep sih, highlight-nya itu telur dan mie nya. Menurutku enak banget sih 2 unsur itu, mau dikasih kuah kayak apa aja pasti jadi enak! Nanti pasti aku akan share resep telur ramen & mie-nya. Tapi untuk saat ini, kuahnya dulu ya!


Note: Takaran bumbu hanya dikira-kira. Lebih baik memulai dari memasukkan sedikit demi sedikit lalu diperbanyak (jika kurang) daripada kebanyakan.

Bahan-bahan:
5 gr wijen
2 gr dashi
15 gr miso putih
2 cm jahe
2 siung bawang putih
5 ml cuka beras
10 ml soyu/kecap asin
400 ml air
200 ml susu sapi / susu kedelai
1 batang daun bawang
Minyak goreng
Minyak wijen
Minyak cabai ra-yu
Daging giling sesuai selera
Mie ramen basah

Pelengkap:
Telur ramen
Daun bawang
Ayam rebus / sosis
Nori

Cara Membuat:
1. Tumbuk wijen dan sangrai sekitar 1 menit dengan api kecil.
2. Cincang bawang putih & geprek jahe.
3. Siapkan panci ukuran sedang, masukan minyak goreng dan minyak wijen secukupnya. Masukkan bawang putih cincang dan jahe geprek, tumis hingga harum. Setelah itu tuangkan kecap asin.
4. Masukkan daging cincang, tumis hingga daging setengah matang,
5. Masukkan minyak cabai dan miso lalu campur semuanya,
6. Tuangkan air lalu aduk semua hingga rata. Setelah rata, masukkan dashi lalu rasakan (jika kurang asin bisa ditambahkan kecap asin atau garam).
7. Masukkan sebagian daun bawang yang sudah dipotong-potong & wijen yang sudah disangrai. Biarkan mendidih.
8. Terakhir untuk kuah, masukkan susu dan aduk. Singkirkan panci dari kompor sebelum susu ikut mendidih.
9. Di panci lain, rebus mie basah di air mendidih selama 50 detik. Tiriskan, dan tuang ke mangkok.
10. Siram dengan kuah miso susu (jangan lupa sertakan daging cincang), lalu beri topping.
11. Selamat menikmati!

*resep dalam bentuk video menyusul


_______________________________________________________________

RECIPE IN ENGLISH.


Ingredients:
5 gr sesame seed
2 gr dashi
15 gr white miso paste
2 cm ginger
2 garlic clove
5 ml rice vinegar
10 ml soy sauce
400 ml water
200 ml whole milk / soy milk
1 stem leek
Vegetable oil
Sesame oil
Chili oil
Minced meat
Ramen noodle (homemade)

Toppings:
Ramen egg
More leek
Boiled chicken / sausage
Nori

Steps:
1. Ground sesame seed and roast on pan for a minute (low heat).
2. Finely chop garlic cloves and smash the ginger.
3. Prepare a medium sized sauce pan, pour vegetable oil and sesame oil in. Put in garlic and ginger, Stir fry until the aroma comes out. Pour in soy sauce.
4. Add minced meat, stir fry until the meat is halfway cooked.
5. Pour chilli oil and miso.
6. Pour in the water and mix everything together. Add dashi, and give a taste to see if you need to adjust the ingredients to your taste.
7. Put in some chopped leek and roasted ground sesame, let boil.
8. Finally, pour the milk in and stir. Just before boiling, take the pan off the heat. Soup is ready.
9. In anothe pan, boil some water, and add the noodle. Boil for only 50 seconds. Strain, and put in a serving bowl.
10. Pour the soup over the noodle, add your topping. 
11. Serve Hot.


That's all for now, enjoy ;)


- XOXO, AT -


You Might Also Like

0 comments

Subscribe